Senin, 15 Agustus 2016

Bosan Nge-Mall di Surabaya? Coba Serunya Heritage Track Surabaya

Rafif-Pernah lihat bus berwarna merah menyala, dengan gambar eye catching berseliweran di jam-jam tertentu di Surabaya?


Beberapa kali melihat bus tersebut di jalanan Surabaya membuat mamam Rafif tergoda untuk mengetahui asal muasal dan tujuan bus tersebut. Ngobrol santai dengan yayah Rafif, ternyata yayah Rafif tak kalah penasarannya dengan bus tersebut, sehingga yayah Rafif mencari informasi tentanng bus tersebut.

Setelah mencari informasi keberbagai pihak, terjawablah rasa penasaran mamam dan yayah Rafif. Yah bus merah eye catching tersebut tak lain tak bukan merupakan bus persembahan dari House Of Sampoerna (HOS), yang memberikan fasilitas dan kesempatan secara gratis kepada masyarakat untuk mengikuti Heritage Track Surabaya mengunjungi berbagai objek wisata sejarah yang ada di Surabaya.

Untuk bisa mengikuti tour bus House Of Sampoerna ini disarankan untuk mendaftarkan diri atau booking sekurang-kurangnya satu bulan sebelumnya, mengingat antusias masyarakat terutama di hari libur. Saat yayah Rafif menelpon pertama kalinya di hotline yang didapatkan melalui internet, ternyata benar saja tanggal yang diinginkan sudah full terbooking, beruntungnya mereka berkenan menawarkan tanggal lain yang kebetulan masih tersisa beberapa seat.

Tanpa pikir panjang yayah Rafif langsung setuju memesan seat untuk tanggal yang ditawarkan, ya pikir kami daripada harus menunggu satu bulan lagi. Saat tiba di lokasi, kami segera mengkonfirmasi data diri kami kepada pihak House Of Sampoerna. Kemudian kami diberikan kartu tanda pengenal Heritage Track Surabaya yang harus kami gunakan selama mengikuti tour.


Setiap jadwal tour Surabaya Heitage Track, memiliki tujuan yang berbeda-beda. Kebetulan jadwal yang dipilih oleh mamam dan yayah Rafif saat itu adalah jadwal mengunjungi pasar tradisional yang bersejarah.

Tujuan destinasi pertama, kami diajak berkeliling di Pasar Pabean. Alasan guide mengenalkan Pasar Pabean karena menurutnya pasar pabean adalah pasar tradisional pertama di Surabaya. Yang pernah melihat Amazing Race di channel AXN mungkin pernah sekilas melihat pasar pabean dan padatnya aktifitas para pedagang dan pembeli. Di pasar ini juga pernah dijadikan tempat untuk berlomba menaklukan tantangan. Ternyata ada sejarah di balik pasar pabean ini yang patut dibanggakan.

Setelah diajak berkeliling di Pasar Pabean, kami diajak menuju ke Pasar Atom. Menurut informasi yang kami dapat, pasar atom ini merupakan salah satu pasar grosir terbesar dan tertua yang ada di Surabaya.

Selain menjadi sarana memperkenalkan wisata sejarah, Heritage Track Surabaya juga menjadi salah satu cara yayah dan mamam Rafif memperkenalkan transportasi bus kepada kakak-adik Rafif(ah). Si kakak benar-benar antusias menikmati perjalanan berkeliling Surabaya menggunakan bus ini.

Kurang lebih 45 menit, kami diajak berkeliling mengikuti bus Heritage Track Surabaya. Menurut guide HTS sebenarnya masih banyak pasar bersejarah di Surabaya yang bisa kami kunjungi, namun karena kendala keterbatasan waktu, sehingga sementara hanya dua pasar tradisional saja yang bisa dikunjungi. Jika tertarik untuk mengikuti track lainnya maka disarankan untuk mengikuti jadwal Heritage Track Surabaya yang lainnya.

Untuk lebih detailnya bagi yang ingin menikmati Heritage Track Surabaya by House Of Sampoerna bisa menghubungi line telpon di : 031 353-9000

Menurut yayah Rafif nanti dari line tersebut kita disambungkan ke bagian pendaftaran Heritage Track Surabaya.

4 komentar:

  1. Belum pernah naik itu hahaa. Btw kalau ke HOS balita boleh masuk kah?

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ke museumnya sebenernya boleh kok asal didampingin. yg ga boleh kalo usia dibawah 17 th masuk sendiri. seingetku guidenya ngomong gitu.

      Hapus
  2. Lama juga ya boomingnya 1 bulan.
    Persaingan berat dengan pengunjung lain ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karna banyak diminati. kecuali kalo nggak weekend biasanya masih banyak seat kosong sih jadi ga perlu jauh2 hari bookingnya

      Hapus