Sabtu, 20 Agustus 2016

Ini Nasi Krawu Paling Diburu Di Kota Gresik

Rafif-Apa sih makanan khas kota Gresik yang paling diminati banyak wisatawan? Hampir semua sepakat Nasi Krawu adalah makanan khas Gresik yang paling dicari.



Namun ada banyak depot nasi krawu tersebar di kota Gresik, sehingga terkadang wisatawan bingung menentukan pilihannya. Berikut mamam Rafif sedikit mengulas depot nasi krawu yang paling diburu di kota Gresik.

  • Nasi Krawu Bu Azza
Sebenarnya nasi krawu Bu Azza ini, terhitung baru dibanding depot nasi krawu lainnya. Namun jika melihat jumlah pengunjung yang sampai bisa membuat antrian parkir luar biasa saya menyimpulkan nasi krawu Bu Azza ini selalu diburu. Selain itu beberapa teman mamam dan yayah Rafif yang berasal dari luar kota ternyata lebih mengenal nasi krawu Bu Azza dibandingkan yang lainnya. Nasi krawu Bu Azzah ini terletak di jl. Panglima Sudirman Gresik.
  • Nasi Krawu Buk Mus
Beberapa tahun ini Buk Mus membuka depot nasi krawu di kompleks perumahan GKB. Tanpa diduga teman-teman mamam dan yayah Rafif yang ada di luar kota jika mampir ke kota Gresik selalu mencari depot nasi krawu Buk Mus. Lokasi depot nasi krawu Buk Mus ini berada di Jl. Banjar Baru GKB.
  • Nasi Krawu Buk Tiban
Berbeda dari dua depot yang saya sebut sebelumnya, nasi krawu buk tiban ini termasuk sudah lama ada dan terkenal di kota Gresik. Berbeda dengan sebelumnya, kebanyakan penggemar nasi krawu Buk Tiban ini adalah warga pribumi kota Gresik. Lokasi nasi krawu Buk Tiban berada di Jl. KH. Abdul Karim depan Minu Terate.
  • Nasi Krawu Buk Rika
Berada di lokasi berdekatan dengan area parkiran wisata religi makam Sunan Malik Ibrahim, Jl. Pahlawan Gresik. Nasi Krawu ini juga jadi salah satu jujugan beberapa wisatawan yang kebetulan berkunjung di Kota Gresik.
  • Nasi Krawu Buk Ria
Sekilas depot nasi krawu yang berada di Jl. Jaksa Agung Suprapto (depan lapangan telogo dendo) mungkin nampak tidak seramai dengan depot nasi krawu lainnya, namun ternyata kebanyakan pelanggan nasi krawu Buk Ria ini lebih suka membungkus nasi krawu untuk event acara-acara arisan dsb.

Dari sekian banyak nasi krawu tersebut sebenarnya ada alasan pelanggan memiliki selera rasa terhadap nasi krawu yang dijual oleh masing-masing depot tersebut.

Jangankan pengunjung luar kota atau wisatawan, keluarga Rafif pun memiliki selera yang berbeda. Untuk Buyut nya Rafif lebih suka dengan nasi krawu buk Azzah dan buk Tiban. Sedangkan nenek Rafif lebih suka nasi krawu buk Rika dan bu Ria. Berbeda dengan mamam dan yayah Rafif lebih memilih nasi krawu Buk Mus.

Meski sama-sama nasi krawu ternyata memiliki karakter rasa yang berbeda, yang sulit diungkapkan hanya sekedar dari tulisan.

Oh ya, sebagai tambahan info, di beberapa depot nasi krawu tersebut biasanya juga disediakan kuah nasi krawu. Jangan lupa setelah puas menikmati nasi krawu kita juga bisa memesan salah satu minuman khas kota Gresik yaitu temulawak. Nasi krawu ini menurut keluarga Rafif paling cocok jika ditemani dengan minuman temulawak.

Kuah Nasi Krawu

So kamu punya selera nasi krawu yang berbeda? Yuk sharing dengan keluarga Rafif ;)

4 komentar:

  1. Gambar yang paling bawah, foto apa mbak? Minuman temu lawakkah? Tapi kok kayak bihun ya? Hehe..

    Aku suka nasi krawu tp baru nyoba di malang n SBY belum pernah nyoba versi asli Gresik.. kapan2 kalo ke Gresik, bisa dicoba nih, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mbak itu kuahnya nasi krawu yang dijual di beberapa depot mbak

      Hapus
  2. Ada yang enak juga mbak, di kemuteran. Buk Zaenab atau siapa ya namanya. Krawu bikin selalu kangen Gresik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh pernah dengar sekilas tapi kayaknya kurang blow up ya...atau mungkin akunya kurang upto date kali ya

      Hapus