Minggu, 14 Agustus 2016

Makanan Ini Patut diCoba Jika Sedang Berkunjung ke Kota Gresik

Rafif-Jika biasanya kita mengenal nasi krawu dan otak-otak bandeng sebagai makanan khas kota gresik, maka tidak ada salahnya kita berwisata kuliner makanan khas kota Gresik lainnya yang sempat "hampir punah" keberadaannya.

Sego (Nasi) Rumo atau Lontong Rumo


Untuk yang bukan asli penduduk kota Gresik biasanya akan merasa aneh saat pertama kali merasakan makanan ini, karena rasanya yang unik. Begitu juga yayah Rafif saat pertama kali mencoba lontong rumo ini, karena keunikan rasanya membuat yayah Rafif nagih dengan lontong Rumo ini.

Mamam Rafif sendiri lebih suka dengan sego rumo ketimbang lontong rumo.

Jika disuruh menggambarkan seperti apa sego rumo ini, ehm...mungkin teksturnya serupa dengan bumbu sate padang ya. Namun dari segi rasa sedikit berbeda. Lembut dan asin gurih meluncur kedalam mulut berpadu dengan remahan kerupuk dan kekenyalan nasi dibalik bumbunya sego rumo membuat rasa sego rumo ini sulit untuk dilupakan.

Masin


Dengan rasa khas gurih, asam, pedas, serta bau khas kemangi membuat masin ini memiliki citra rasa yang unik.

Sekilas mungkin nampak serupa dengan lontong rupa, namun dari segi rasa dan bentuk masin ini jauh berbeda dari lontong/nasi rumo. Jika lontong/rumo berwarna oranye, maka masin ini berwarna cenderung kuning pudar. Begitu juga tekstrunya, bumbu dari lontong/nasi rumo lebih kental ketimbang masin ini. Oh ya masin ini bentuknya serupa dengan bubur, bedanya masin ini bahan utamanya terbuat dari jagung.

Sego (Nasi) Karak


Begitu juga dengan nasi karak sarapan khas gresik ini. Saat ini tidak banyak yang menjual makanan unik khas gresik ini. Sehingga saat kita bisa menemukan nasi karak, rasanya seperti bernostalgia ke jaman kita masih kecil.

Konon ada cerita dibalik munculnya kebiasaan warga gresik sarapan nasi karak, menurut Nenek Rafif jaman dulu jika ada nasi tidak habis maka daripada dibuang, maka nasi tersebut diolah menjadi nasi karak.

Dari segi rasa sebenarnya menurut mamam Rafif teksur sego karak ini hampir sama dengan nasi merah, dan agak sedikit hambar, namun tertutup oleh rasa gurih dari taburan kelapa dan serbuk bumbu diatasnya. Memakan nasi karak ini biasanya paling nikmat jika ditemani dengan "godo" (gimbal) tempe sebagai pendamping lauknya.

So penasaran dengan ketiga makanan tersebut? Selamat berburu ya kawan 😉

2 komentar:

  1. wooooh mas Udin doyaan..aku gagal meracuni dhana biar doyan "sego rumo" mbaak..cuman urusan krawu & otak otak wooooo juara doyan sejak suapan pertama..

    tambah mbaaaaak telor ikan bader alias endog bader, khas Gresik juga kan mbak kalo nggak salah..hehe..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus