Senin, 29 Agustus 2016

Mencari Jejak Nol Kilometer Surabaya

Sempat penasaran dengan alun-alun Surabaya, keluarga Rafif akhirnya malah berburu jejak Nol Kilometer Surabaya.

Tugu Nol Kilometer Kamu Ada Dimana?
Sebenarnya apa sih makna dari Nol Kilometer, hingga membuat keluarga Rafif penasaran.
Menurut Yayah Rafif, Nol Kilometer merupakan penanda dimana jarak awal antar kota diukur. Sehingga Nol kilometer bisa dianggap sebagai sejarah awal suatu kota didirikan.

Berbeda dengan beberapa kota yang pernah yayah Rafif datangi, Surabaya memiliki nol kilometer yang sulit untuk dijangkau atau bahkan sekedar untuk di foto.

Setelah mencari info dimana letak titik awal kota Surabaya tersebut, akhirnya keluarga Rafif mendapat clue lokasinya, yaitu didekat kantor Gubernur yang terletak tak jauh dari tugu pahlawan.


Nggak puas rasanya kalo nggak lihat langsung dimana letak tepatnya. Sehingga pada hari minggu pagi memutuskan mulai menjelajah menulusuri letak nol kilometer Surabaya.

Tak semudah yang dibayangkan, karena pada minggu pagi ada event pasar TP pagi alias pasar Tugu Pahlawan pagi, sehingga banyak pedagang dan pengunjung memenuhi hampir disebagian jalan yang ada didepan kantor Gubernur.

Situasi TP (Tugu Pahlawan) Pagi
Bingung jadinya harus mulai dari mana. Hingga akhirnya memutuskan bertanya kepada salah satu petugas Gedung perkantoran yang ada didekat Gubernur. Ternyata dia tidak seberapa tahu. Petugas tersebut kemudian menyarankan untuk mencari langsung didepan kantor Gubernur yang ada disebelah gedungnya.

Namun seluruh trotoar yang ada tepat didepan kantor Gubernur dipenuhi oleh pedagang sehingga tidak memungkinkan untuk mencarinya. Agak pesimis waktu lihat depan pagar kantor Gubernur penuh lapak pedagang. Tak kurang akal, mamam Rafif yang hobi dikit-dikit nanya dengan berprinsip "Malu bertanya sesat di jalan", nekad bertanya kepada Bapak pegawai yang ada dihalaman kantor Gubernur.

Awalnya dijawab bahwa titik nol kilometer yang baru sekarang sudah dipindah jadi monumen tugu pahlawan. Namun, setelah dijelaskan bahwa yang dicari adalah tugu nol kilometer yang asli,  barulah keluarga Rafif mendapat jawaban bahwa tugu nol kilometer berada di ujung taman depan kantor Gubernur.

Sedikit bingung untuk mencari akses berfoto menuju kesana karena gerbang pagar tertutup, namun akhirnya keluarga Rafif diijinkan untuk mengambil foto tugu nol kilometer tersebut.

Wuihhh senengnya itu luar biasa, pas diperbolehkan...Rasanya seperti abis berburu dan bisa menemukan harta karun.


Setelah berjalan menuju tempat yang dimaksud akhirnya nemu juga tugu nol kilometer Surabaya yang sebenarnya.


Dengan lokasi yang agak susah dijangkau oleh pengunjung karena lokasinya nyelempit dan berada didalam pagar kantor Gubernuran, ada sedikit saran dari keluarga Rafif (kali aja dibaca, didengar dan bisa dipertimbangkan). Titik Tugu Nol Kilometer menurut keluarga Rafif merupakan salah satu cagar budaya sejarah, karena dari sinilah jarak antara kota Surabaya dengan kota lain diukur. Sehingga mungkin bisa dipertimbangkan agar akses menuju tugu nol kilometer lebih dipermudah bagi pengunjung yang ingin mengetahui lokasi nol kilometer. Dengan harapan agar semua pengunjung, terutama warga Surabaya lebih menyadari dan memahami sejarah keberadaan kota Surabaya beserta tata letak geografisnya melalui tugu nol kilometer tersebut.

17 komentar:

  1. Wah bagus juga ya mas titik nolnya kota surabaya, kalau ditempat saya juga lumayan bagus ada tamannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini ditaman halaman kantor Gubernur sih

      Hapus
  2. Wah. Saya baru tahu malah. Hebat euy napak tilasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi berasal dari rasa penasaran. Next mau nyari alun2 surabaya :D

      Hapus
  3. Keren Mas! Mengisi weekend dengan napak tilas sejarah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bingung soalnya ketimbang ngemall mulu

      Hapus
  4. Nol kilometer nya Boyolali mana yah??? Aku malah jadi penasaran...

    BalasHapus
  5. Pernah diliput di SBO apa JTV gtu dulu. Belum beresempatan ke sana. Moga2 nttr bisa ke sana ah, minimal selfie hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak kesana, sensasi nyarinya kalo pas minggu malah lebih seru karna ada TP pagi :D

      Hapus
  6. Tiap kota kayaknya ada titik nol kilometer meter ya mbak.

    BalasHapus
  7. Nol km nya Semarang juga kalo buat foto agak sulit

    Ditengah jalan di dalam taman pembatas jalan
    Pernah kepikiran mw foto disitu tapi mikir lagi lalin nya padat sekali hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak tapi nol kilometer semarang lebih friendly

      Hapus
  8. Asik nih anak-anak diajak mencari nol kilometer seperti mencari harta karun

    BalasHapus