Sabtu, 13 Agustus 2016

Tips Liburan Keluarga Rafif

Rafif-Jika kita ingin berlibur bersama keluarga maka ada beberapa hal yang tidak boleh kita lupakan, diantaranya yaitu :


Yang Pertama, pastikan rumah yang kita tinggalkan aman dan nyaman.

Agar liburan kita nyaman dan tidak was-was maka sebaiknya kita memastikan keadaan rumah aman, misalnya dengan
- Melepas selang tabung gas
- Matikan (cabut) semua perabotan listrik yang masih menyala
- Kunci semua pintu dan jendela
- Tidak ada salahnya menitipkan rumah ke tetangga agar jika ada hal-hal yang mencurigakan tetangga bisa memeriksa
- Bersihkan rumah sebelum kita berlibur, agar saat kembali dari berlibur kita bisa istirahat sejenak, tidak perlu stres melihat rumah berantakan

Yang kedua, Pastikan barang bawaan kita tidak ada yang tertinggal, namun tepat sesuai kebutuhan.

Tepat sesuai kebutuhan disini maksudnya tidak berlebih membawa barang-barang yang tidak dibutuhkan. Jika kita berlibur membawa balita apa saja sih yang perlu dibawa?

Obat
Meskipun saat ini ada banyak apotek dimana-mana namun tidak ada salahnya kita membawa stok obat balita kita dari rumah. Hal ini menghindari keadaan emergency jika mungkin kita tidak langsung menemukan apotek didekat lokasi kita berlibur.
Obat apa saja sih yang bisa kita bawa? Obat Panas, Obat Diare, dan Obat Flu. Jangan lupa item wajib Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon.

Baju
Jumlah baju yang kita bawa biasanya tergantung kebutuhan. Terutama apabila kita membawa bayi dibawah 1 tahun (lebih tepatnya dibawah 6 bulan) tentunya kita akan membawa stok baju sedikit lebih banyak. Hal ini untuk antisipasi jika sewaktu-waktu bayi kita gumoh.

Mainan
Jika kita berlibur membawa balita, maka jangan lupakan item penting ini. Hal ini untuk menghindari balita kita bosan saat perjalanan atau ketika berada ditempat berlibur. Seringnya sih mereka bosan ketika kita sedang ingin sekedar selonjoran beristirahat sejenak di tempat penginapan. Tidak perlu mainan serumah dibawah ya...cukup 1-2 item mainan saja yang cukup simple. Pilih mainan yang nggak bikin nyesek kita, seandainya ketinggalan saat berlibur.

Pospak (Popok Sekali Pakai)
Bawa beberapa item pospak, kira-kira sampai kita bisa menemukan tempat penjual pospak lagi ditempat kita berlibur. Biasanya jika 4 jam sekali kita mengganti pospak maka tidak ada salahnya kita membawa minimal 6 pospak.
Tapi seandainya mau membawa sedikit lebih banyak tak masalah, karena nantinya space pospak yang sudah kita pakai bisa kita alih fungsikan untuk menyimpan oleh-oleh yang kita beli.

Peralatan Mandi Anak
Berbeda dengan kita yang dewasa, untuk balita biasanya kita memiliki sabun dan sikat gigi, juga pasta gigi khusus yang disesuaikan dengan balita kita. Untuk sabun tidak ada salahnya kita membawa sabun dengan kemasan mungil, guna mempersimple barang-barang yang kita bawa.

Makanan Anak
Apabila usia balita kita masih dibawah 1 tahun, biasanya kita akan sedikit ribet membawa stok makanan balita kita yang masih no gula garam. Kalo mamam Rafif sih sesuai saran yayah Rafif biar nggak ribet kalo nggak mau menyerah pada bubur fortifikasi, kita pasrah sama buah yang ada. Buah yang paling gampang dicari biasanya pisang. Namun, beberapa kali kami memang tetap sedia biskuit bayi.

Untuk makanan homemade, mamam Rafif mendapat bocoran dari salah seorang teman yang saat traveling tetap membawakan makanan homemade. Menurutnya itu bisa diakali dengan membawa makanan homemade beku dari rumah yang nantinya akan dititipkan ke freezer pihak hotel. Satu hal yang selalu mamam Rafif bawa ketika kakak maupun adik masih dibawah 1 tahun, yaitu peralatan food maker yang terdiri dari saring makanan dan sendok (tongkat) pelumat makanan, yang berfungsi untuk melumatkan makanan agar lebih lembut saat akan diberikan kepada kakak maupun adik.

Yang ketiga Transportasi.
Persiapkan segala sesuatunya diawal. Jika kita akan menggunakan kendaraan pribadi maka pastikan kendaraan kita dalam keadaan "fit". Sebaliknya jika kita akan menggunakan transportasi umum maka sesuaikan waktu yang kita pilih dengan kondisi anak-anak agar tidak rewel selama diperjalanan. Tidak ada salahnya membooking dan membeli tiket diawal ya, biar nggak kehabisan tiket promo tentunya ;)

So, selamat jalan-jalan semua...\(^,^)/

2 komentar:

  1. promo sihh awalnya yang bikin semangat, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak...hehehe...

      makasih ya udah mau mampir😁

      Hapus