Jumat, 19 Agustus 2016

Wisata Religi Masjid Kubah Emas di Depok

Rafif-Sebenarnya ini perjalanan wisata religi mamam dan yayah Rafif beberapa tahun silam ketika kakak dan adik belum lahir.


Sedikit kadaluarsa kali ya kalo harus menuliskan pengalaman sekitar tahun 2013 tersebut sekarang ini, tapi ya nggak ada salahnya hanya sekedar untuk bernostalgia.

Sedikit bernostalgia pengalaman seru menuju masjid kubah emas. Saat itu karena beberapa kali batal dijanjikan oleh seorang sahabat akan diajak menuju kubah emas, membuat mamam dan yayah rafif nekad menuju masjid kubah emas tanpa menanti arahan dari sahabat tersebut.

Start awal mamam dan yayah Rafif berangkat dari area ITC fatmawati jakarta. Ternyata transportasi tidak sesulit yang dikira. Hanya butuh dua kali oper transportasi umum, mamam dan yayah Rafif bisa menginjakkan kaki di area masjid kubah emas.

Sesampainya disana mamam dan yayah Rafif menyempatkan diri untuk minum sejenak di warung terdekat. Sambil mata memandang ternyata banyak cindera mata dijual disana.

Ketika masuk ke area halaman masjid kubah mas, takjub dan kagum melihat kemegahan masjid tersebut. Yang paling membuat istimewa menurut informasi yang mamam Rafif baca, disebut masjid kubah emas bukan hanya karena kubahnya berwarna emas, melainkan memang ada lapisan emas di bagian kubahnya. Selain itu juga ada beberapa bagian di masjid yang dilapisi emas. Wah...keren ya...


Tak sampai disitu, saat mamam dan yayah Rafif masuk ke dalam masjid kubah emas, sekilas suasana berubah seperti berada di masjid-masjid yang ada Makkah Madinah. Ah mamam Rafif sok tau nih kayak yang udah pernah ke Makkah Madinah nih. Mohon doanya aja kalo gitu ya, biar mamam dan yayah Rafif bisa segera berkunjung ke tanah suci Makkah Madinah biar bisa berbagi cerita disini #modus...hehehe...

Yang jelas saat berada didalam masjid kubah emas, mamam dan yayah Rafif merasa seperti lupa kalo sebenarnya masjid itu lagi ada di Depok.



Selain bangunan utama masjid kubah emas, juga terdapat area peristirahatan disisi laen masih didalam kompleks masjid kubah emas. Tempat peristirahatan tersebut untuk parawisata yang mungkin ingin sekedar beristirahat sejenak guna menunggu rombongannya berkumpul. Yap memang banyak rombongan wisata yang berkunjung ke masjid kubah emas itu.


Jika bernostalgia, rasanya suatu saat keluarga Rafif ingin bisa berkunjung kembali ke masjid kubah emas tersebut. Tapi mungkin nunggu si kakak adik agak gedean kali ya. Menurut info yang didapat anak usia dibawah 10 tahun masih belum diperbolehkan masuk ke masjid, karena dikuatirkan mengganggu jamaah lain.

Jaman Seperti Masih Pengantin Baru

Info tambahan lainnya untuk bisa masuk ke dalam masjid pengunjung wanita diwajibkan menggunakan baju sopan dengan menggunakan jilbab (hijab)

4 komentar:

  1. saya pernah tinggal 1 tahun-an di Depok tapi sayang belum sempat mengunjungi masjid kubah emas yang keren ini T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu kesini karna saking penasarannya. Masjid ini sering muncul di siaran adzan salah satu televisi Indonesia. Iya mbak menurutku dalamnya keren banget

      Hapus
  2. ya Allah deket dari Bojong tapi saya masih belum ke sana juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu planning ke sini beberapa kali gagal, akhirnya nekad sama suami dadakan aja...hehehe...

      Hapus