Minggu, 11 September 2016

Catatan Perjalanan Hemat Jogja - Korea ala Om Viky

Rafif-Beberapa waktu keluarga Rafif sempat dibuat ngiler oleh perjalanan Om Viky, adiknya mamam Rafif yang paling ganteng ke Korea Selatan. Baiklah untuk menutupi rasa penasaran mari kita simak serunya perjalanan ke Korea Selatan ala backpacker mahasiswa.
Tahun Depan Kita Kesana Rame-Rame Ya Om
Perjalanan dimulai oleh Om Viky dan beberapa temannya dengan memesan tiket pesawat melalui traveloka. Sebenarnya bisa sih ya pesan lewat pemesanan online lainnya, cuman katanya waktu itu yang paling murah dari traveloka itu.

Untuk bisa sampai ke korea Om Viky harus transit di Malaysia 18 jam. What???ngapain aja om 18 jam disana? kenapa harus milih yang 18 jam. Alasannya karna sesuai dengan tiket terusan yang otomatis muncul di Traveloka. Saat itu Om Viky bersama 5 orang sahabatnya hanya memakai 3 bagasi saja. Katanya sih biar hemat, karena perbagasi kena sekitar 700-800ribu rupiah. Trus menurutnya next kalo memang bisa nggak pake bagasi mending nggak usah pake, karna ternyata nggak seberapa kepakai.


Sesampainya di korea dari bandara Inchion, Om ganteng yang pake kacamata ini segera menuju ke Bong House menggunakan kereta bawah tanah. Untuk bisa naik kereta bawah tanah dan transportasi lainnya mereka menggunakan T-Money yang bisa dibeli di bandara.

Bong House ini merupakan guest house yang ditempati Om viky bersama teman-temannya saat berada di Korea Selatan dengan rate 72.000 won/ 4 malam (1 won = 9 rupiah). Untuk bisa menginap disini, kita bisa membooking di website booking(dot)com. Alasan memilih Bong House ini selain harga yang terjangkau juga lokasinya dekat kemana-mana. Selain itu ternyata di Bong House juga diperbolehkan memasak sendiri. Kalo nggak salah si Om cerita disana disediakan rice cooker untuk memasak nasi.


Sebenarnya ada acara apa sih Om viky ini?
Ternyata si Om yang dulunya sempat punya rambut panjang ala charlie ST 12 ini mengikuti publikasi ilmiah mewakili biologi UGM. Oh pantesan sebelum ke korsel Om Viky buru-buru potong rambut ya.

Setelah sukses presentasi di high seoul youth, Om Viky dan semua temannya menghabiskan sisa waktu yang ada untuk mengunjungi beberapa tempat keren disana. Diantaranya :

Nang Daemun
Merupakan pusat pembelanjaan murah

Dong Daemun
Berbeda dengan Nang Daemun, Dong Daemun ini merupakan pusat pembelanjaan hedon

Seoul Tower
Wah Seoul Tower ini yang terkenal dengan gembok cinta ya Om? Gimana Om disana sudah nyantolin gembok belum...hihihi

Gyebokgung Palace
Di Gyebokgung palace ini terdapat pertunjukan tradisional, kastil2 untuk foto

Hanok Village
Tak ketinggalan Om Viky dan beberapa temannya mengunjungi Hanok Village yang merupakan desa di korea dimana banyak terdapat tempat penyewaan baju tradisional khas korea. Untuk sewa baju dihanok village kita cukup merogoh kocek sekitar 10.000won/jam. Jika lebih dari satu jam maka akan dikenakan charge 1000won per 5 menit (diitung lagi deh 1 won itu sekitar 9 rupiah).


Oke trus kira-kira minimal kita harus bawa uang saku berapa Om kalo mau ke Korea Selatan?
Menurut Om Viky paling tidak kita bawa duit 250.000 won untuk 4 hari disana sudah cukup lah tapi dengan catatan no sewa-sewa hanbok (baju tradisional korea) dan sebagainya *yahhh...ngiler dong nanti...

Untuk tiket pesawat pp total kurang lebih 5-6 juta include visa paspor.

Trus tambahan dari Om Viky disana kalo kehabisan duit nggak perlu kuatir, yang penting isi ATM masih full karena sudah ada Bank BNI cabang korea. Kalo mau ambil kena charge berapa sih Om? Katanya sih cuman kena charge sekitar 70.000 rupiah...*hihihi lumayan ya...tapi daripada kelaparan disana...

Pengalaman seru lainnya katanya waktu di bandara Om Viky sempat nyoba maem di KFC dengan hanya merogoh sekitar 2500 won bisa dapat 1 paket dengan refill minuman sepuasnya. "Pokoknya minum bisa sak kembungnya", gitu katanya.

Wah seru ya...baiklah sementara mari kita noted dan bookmarked catatan perjalanan Om Viky ini untuk selanjutnya buat semangat keluarga Rafif menabung biar bisa ke Korea juga. Om Viky nanti jadi guidenya kita ya kalo jadi ke Korea Selatan :p

Sebagai tambahan, ternyata Om Viky dan teman-temannya ini meraih penghargaan Best Oral Presentation pada presentasi publikasi Ilmiahnya. Wah kerennnnn Om...Next ganti dong Om ikut publikasi Ilmiah di Jepang atau dimana gitu...biar bisa share pengalaman perjalanannya ;)

2 komentar: