Senin, 26 September 2016

Mencari Jejak Makanan Enak di Surabaya Selain di Mall

Rafif-Surabaya bisa dibilang termasuk kota mall, dimana hampir disetiap sudut kota terhampar gedung-gedung mall bertingkat. Hal ini tentu sering membuat beberapa orang jika ingin mencari tempat jalan-jalan hanya demi makanan enak dengan harga terjangkau tidak semudah yang dibayangkan. Namun menurut keluarga Rafif makanan berikut ini enak dan masuk kategori ramah kantong.



1. Soto Ayam Lamongan Cak Har
Terletak di jl. Arif Rahman Hakim Surabaya, soto ayam ini memiliki cabang di merr II. Jika yang terletak di jl. Arif Rahman Hakim hanya buka mulai senen sampai sabtu berbeda dengan yang terletak di merr buka setiap hari.

Untuk rasa menurut saya tak ada bedanya, namun menurut yayah Rafif sebenarnya ada sedikit berbeda dari segi porsi terlihat berbeda. Versi yayah rafif masih lebih sedap (sedikit) yang berada di jl. Arif Rahman Hakim Surabaya.

Perbedaan lainnya untuk pilihan menu minuman soto Ayam Cak Har yang berada di jl. Arif Rahman Hakim ini sedikit terbatas pada es teh, teh hangat, es jeruk, jeruk hangat, air mineral. Berbeda dengan yang terletak di merr terdapat menu minuman lainnya, selain itu disana juga terdapat cafe sehingga untuk yang ingin menikmati suasana cafe sembari menikmati makan soto ayam.

Persamaannya, dikedua tempat soto Ayam Cak Har diperbolehkan memesan tambahan tulang ayam free selama persediaan masih ada.

2. Bakso Solo Pak Jan
Bakso yang terletak di Jalan Nias 72 ini hampir tak pernah sepi dari pengunjung. Menurut info dari petugas parkir disana, terutama pada jam-jam makan siang maka bisa dipastikan tempat makan Bakso Solo Pak Jan ini penuh sesak oleh pengunjung.


3. Rawon Pucang
Meski di dekat pasar pucang terdapat beberapa penjual Rawon, namun ada satu warung nasi Rawon yang tak pernah sepi dari pengunjung. Rawon ini terletak di depan toko kain moroseneng, kira-kira satu deret dengan toko busana muslim altara.

Namun untuk bisa menikmati rawon pucang ini perlu sedikit usaha, selain dibuka malam hari ketika toko kain sudah tutup, pengunjung juga harus rela antri menunggu tempat duduk (lesehan) kosong. Meski terkesan hanya "warung" namun jangan salah, karena banyak pengunjung bermobil yang rela ikut antri untuk bisa menikmati rawon pucang tersebut. Tak hanya rawon saja, warung tersebut juga menyediakan menu pecel yang juga patut dipertimbangkan untuk dicoba.

4. Sop Ayam Klaten Pak Min
Terletak didaerah ngagel, tepatnya di jalan ngagel jaya selatan (seberang CIMB Niaga), Sop Ayam Klaten Pak Min ini tak pernah sepi dari pengunjung. Sekilas mungkin bisa dibayangkan Sop Ayam ini hampir serupa dengan sop biasa, namun bedanya Sop Ayam Klaten Pak Min ini tidak dilengkapi dengan wortel, makroni dan sayur-sayur yang biasanya kita temu dalam sayur soup pada umumnya.

Hal unik dari Sop Ayam Klaten Pak Min ini, kita bisa memilih bagian ayam yang ingin kita makan. Tak ketinggalan ada telor dan jeroan, ceker ayam, kepala ayam, de el el.
 

Setelah memilih mangkok yang berisi potongan bagian ayam yang ingin kita makan maka si mas penjual akan segera memberikan kuah dan menyajikan di meja kita dengan nasi secara terpisah.

5. Mie Ayam Pemkot
Jika ingin mencoba menikmati mie ayam pemkot ini disarankan untuk mencari hari selain hari kerja. Bisa dipastikan saat jam kerja terutama jam makan tempat makan mie pemkot surabaya ini penuh sesak dengan pengunjung.

Terletak di sudut jalan jimerto dibelakang balai kota, diseberang toeng market, Mie Ayam Pemkot ini tak pernah sepi dari pengunjung. Untuk yang sedang diet tak perlu kuatir karna diperbolehkan memesan dengan porsi setengah. Selain mie ayam, pengunjung juga bisa memesan pangsit ayam (rebus) secara terpisah.

6. Raja Bakso
Sekilas orang mengira Raja Bakso ini hampir sama dengan bakso lainnya. Namun Raja Bakso memiliki keunikan tersendiri dari segi menunya, yaitu terdapat menu bakso keju dimana ketika digigit maka kita akan menemukan lelehan keju dari dalam bakso.

Selain itu terdapat bakso sosis, yaitu bakso yang berisi sosis, kemudian ada bakso kotak, bakso jumbo, dan seperti pada umumnya terdapat juga menu bakso halus, kasar, tahu, gorengan, dsb.


So, sekarang tak perlu bingung lagi mencari tempat jujugan makan di Surabaya kan. Ternyata makan enak nggak harus di mall

Tidak ada komentar:

Posting Komentar