Rabu, 07 September 2016

Menikmati Masakan Korea Kini Tak Perlu Jauh-Jauh Ke Korea

Rafif-Beberapa waktu lalu Om Viky, salah satu om kesayangan keluarga Rafif melakukan perjalanan ke korea bersama teman-temannya demi menjalankan tugas dari kampus. Perjalanan tersebut tentu membuat keluarga Rafif merasa baper dan ngiler. Baiklah daripada ribet harus ngurus ini itu untuk bisa terbang ke korea, sementara Yayah Rafif berinisiatif mengajak keluarga kecil Rafif untuk berburu makanan khas korea di Surabaya.

Tara...dan inilah resto Kimchi-Go yang menyediakan makanan khas korea, dan bisa ditemukan dibeberapa mall Surabaya. Sempat ragu dengan rasa masakan korea namun tetap penasaran mencobanya.


Makanan pertama yang sejak awal boomingnya film korea di putar di stasiun televisi televisi adalah Tteokbokki. Berwarna orange menyala bumbu dari Tteobokki ini bisa membuat keder untuk sebagian orang yang kurang suka dengan masakan pedas. Namun ternyata setelah di coba rasanya tidak semengerikan yang dibayangkan.

Untuk rasa Tteokbokki ini sebenarnya bisa dibilang bilang mirip apa ya...Sedikit bingung sebenarnya saat disuruh menjelaskan. Kira-kira mungkin dengan rasa kue beras kenyal-kenyal yang di lumuri bumbu asam manis pedas, makanan ini menjadi makanan khas unik yang patut di coba. Mungkin bisa dibilang teksturnya mirip mirip cireng gitu ya tapi ini versi yang nggak digoreng *nah lo bingung kan.

Sekilas melihat foto menu makanan masakan khas korea ini hampir serupa dengan masakan jepang. Namun beda dari segi penamaan. Meski hampir sama namun tetap ada beberapa yang berbeda, sehingga keluarga Rafif mencoba menu yang kira-kira tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Tak hanya menu Tteokbokki yang dicoba saat itu, ada menu Kalbi Tang dan Kimmari yang menurut penampakan di gambar menu menggoda selera. Sayangnya untuk kimmari ini sedikit tidak cocok di lidah yayah Rafif, alasannya karena hambar. Penampilan sekilas sih mirip-mirip gulungan sushi bedanya Kimmari ini semacam bihun yang dibungkus oleh rumput laut *semoga nggak salah tebak ya.

Kimmari
Untuk Kalbi Tang ini sebenarnya hampir menyerupai soup iga, karena memang isinya iga yang diberi kuah dan beberapa sayur menyerupai soup. Bedanya pada Kalbi Tang ini terdapat campuran telur didalam kuahnya.

Kalbi Tang
Sebenarnya ini kedua kalinya keluarga Rafif mencoba mengunjungi resto Kimchi Go. Dimana pada kunjungan sebelumnya keluarga Rafif memilih menu Dolsot Bibimbap yang berisi nasi didalam mangkuk ala korea dilengkapi dengan beberapa sayur, daging dan tedapat kuning telur (cenderung) mentah ditengahnya. Selain itu ada menu beef bulgogi dan spicy beef bulgogi.

Dolsot Bibimbap
Berapa budget yang dikeluarkan untuk bisa menikmati makanan disini. Dengan budget kurang lebih minimal 40.000,- kita sudah bisa menikmati 1 macam menu makanan disini. Paling tidak kita bisa mencoba mencicipi Tteokbokki. Untuk menu lainnya dipatok dengan harga yang bervariasi.

So, baper ngiler pengen ke korea? Untuk awal sebelum benar-benar kekorea nggak ada salahnya penyesuaian dulu dengan makanan korea ini, biar nantinya kalo sudah di korea nggak perlu kaget dan bingung menyesuaikan lidah jawa dengan makanan korea.

Korea...waiting for us ya... ;)

6 komentar:

  1. Hi..hi..aku pernahnya mie korea yang di swalayan itu mbak... Itu aja karena anaknya yang ribut minta mie merk mie ramen ☺😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mie korea itu suami yang suka dan karna mie nya gede2 lumayan lama masaknya ketimbang mie biasa...hihihi

      Hapus
  2. Aku dari dulu penasaran sama Tteokbokki soalnya kata sepupuku enak kayak kue beras. Aku pengen nyobain tapi masih ragu kalau rasa masakan Korea bisa nyetel di lidahku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku butuh keberanian mbak buat nyoba...keberanian kalo misal ga cocok berarti harus rela duit melayang. So far tteokbokki aku dan suami cocok mbak...hihihi...

      Hapus
  3. 40rb bisa makan makanan korea? yummm, murmer nih, mau ke sana ah kapan-kapan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak untuk makanan saja, belum include minuman sepertinya

      Hapus