Jumat, 02 September 2016

Surabaya Lamongan Punya Komuter Keren Ini

Rafif-Pertama kali mendengar ada komuter jurusan Surabaya Lamongan yang tersirat dalam bayangan adalah sebuah kereta yang penuh sesak penumpang berjejal dan panas dimana-mana. Namun siapa sangka Surabaya Lamongan punya komuter keren seperti ini.


Tak hanya bersih, komuter Surabaya-Lamongan ini juga ber AC.
Berbekal dari beberapa info jadwal komuter dan dari pengalaman salah seorang teman yang pernah mencoba menggunakan komuter sebagai salah satu sarana transportasi publik, keluarga rafif pun nekad mencoba mencicipi komuter yang katanya keren ini.

Yeiii...ternyata benar...komuternya bersih dan nyaman sodara-sodara!!!

Tersedia dua kali jadwal keberangkatan dari stasiun pasar turi Surabaya untuk bisa menikmati komuter Surabaya Lamongan atau yang biasa disebut kereta Sulam ini. Jadwal keberangkatan pertama yaitu pukul 04.00 pagi, dan jadwal ke dua sekitar pukul 17.00.


Saking semangatnya memilih jadwal keberangkatan pertama di pagi hari, maka keluarga Rafif sudah berada di lokasi pukul 03.00 pagi. Sedikit berbagi pengalaman saja, mending nggak usah terlalu kepagian datangnya karena ternyata loket tiketnya belum buka. Loket tiket baru dibuka sekitar 20-30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Ngapain sih komuter ini berangkatnya pagi pagi banget? Menurut pantauan keluarga Rafif jadwal memang dibuat pagi untuk sarana transportasi beberapa pekerja yang menggunakan fasilitas komuter.

Bagaimana dengan harga tiketnya? Dengan jarak tempuh Surabaya Lamongan hanya cukup membeli tiket seharga Rp. 5000,-/orang, keluarga Rafif sudah bisa menikmati perjalanan dengan komuter ini. Untuk usia balita dibawah 3 tahun masih free ya.


Oh ya tapi jangan dibayangkan di tiket komuter ini akan tertera nomer kursi kita, karena tiket komuter ini merupakan tiket tanpa tempat duduk. Lo gimana kok tanpa tempat duduk? Masak bawa bangku sendiri? Ya nggak lah...

Yap jadi maksudnya sistem tanpa tempat duduk komuter ini lebih tepatnya bisa dibilang siapa cepat dia dapat. Agak ndredeg sih waktu itu karena bawa dua balita kalo nggak dapat tempat duduk lumayan nih.

Dari situ juga sebenarnya agak ragu bagaimana nantinya saat harus shalat subuh. Ternyata hampir semua penumpang komuter rata-rata melakukan ibadah shalat subuh didalam komuter, karena jadwal pagi tidak seberapa ramai maka untuk urusan shalat subuh tidak ada masalah karena bisa dilakukan sembari duduk.

Namun tak perlu terlalu kuatir, karena seperti fasilitas transportasi pada umumnya, di dalam kereta komuter ini juga terdapat kursi prioritas. Dimana kursi prioritas ini bisa ditukarkan untuk diberikan kepada penumpang lain yang masuk kriteria lebih membutuhkan tempat duduk.


Oh ya perjalanan kereta Sulam ini merupakan perjalanan bebas asap rokok ya. Jadi dilarang merorok didalam komuter. Untuk urusan kebelakang pun tak perlu kuatir karena tersedia beberapa toilet di dekat setiap pintu sambungan kereta ini.


Perjalanan komuter Surabaya Lamongan ditempuh selama kurang lebih 1 jam dengan beberapa pemberhentian stasiun. Ah seru sekali perjalanan komuter Surabaya Lamongan kali ini. Kakak Adik pun antusias menikmati perjalanan dengan komuter tersebut.


Semoga fasilitas kenyamanan dan kebersihan komuter Surabaya Lamongan ini akan tetap terjaga kedepannya, sehingga akan selalu ada cerita seru yang bisa dinikmati oleh para penumpang komuter.

Sedikit info, meski komuter ini berada di jalur Surabaya Lamongan, namun jangan berharap bisa ke WBL menggunakan transportasi ini karena stasiun pemberhentian berada di tengah kota lamongan lebih tepatnya didepan Plaza Lamongan. Sedangkan WBL berada jalur pantura. Sehingga berbeda jalur sangat jauh.

16 komentar:

  1. Wah murah banget dan bersih ya.. Terus kalau mau ke wbl naik apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauh mbak kalo dari stasiun. daripada pake komuter mending pake bus karena WBL ada di jalur pantura

      Hapus
  2. Kakak saya di Surabaya sana seneng banget kalo weekend bisa jalan-jalan pakai commuter line ini Mbak. Hihihi..

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah nyoba nih mba. Kapan2 pengen nyoba ah kalau ke Surabaya :)

    BalasHapus
  4. Wah asik disana udah ada CL
    bisa melancong gak pake macet yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, apalagi waktu itu jalur lamongan kota lagi macet macetnya. jadi lumayan dengan komuter ga perlu mikir macet

      Hapus
  5. Huaa beberapa waktu yang lalu lihat di postingan temen kalau dia naik komuter ini. Bersih dan cozy yaaa

    BalasHapus
  6. Wah... jadi mupeng juga tuuh jalan2 pke Commuternya, mba :D

    BalasHapus
  7. Pengen nyobain naik komuter ini tapi ke Lamongan kemana ya? Males rekreasi, pengennya ke rumah siapa gtu :))
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung pp aja mbak berarti...hihihi

      Hapus
  8. Naik kereta sekarang makin nyaman ya.

    BalasHapus
  9. Naik kereta sekarang makin nyaman ya.

    BalasHapus