Jumat, 30 Desember 2016

Kuliner Belut di Surabaya

Rafif-Sudah lama sekali sebenarnya penasaran dengan masakan belut di depot SBS (Spesial Belut Surabaya) ini. Meski demikian saya perlu menguatkan niat saya hingga akhirnya berani menginjakkan kaki di didepot belut ini bersama kakak adik dan yayah Rafif.


Jadi sebagai gambaran saja, sebelumnya ada perasaan was was karena saya kuatir akan disuguhi masakan belut ditemani pemandangan belut yang berenang-renang di aquarium layaknya restoran seafood pada umumnya yang menyuguhkan pemandangan ikan dalam aquarium.

Alasan lainnya karena saya ngeri bakal mendapati masakan belut lengkap dengan potongan kepala belut diatas sambal. Namun ternyata bayangan saya salah besar.

Beberapa waktu lalu yayah Rafif mentraktir kami di salah satu depot Spesial Belut Surabaya (SBS) Yang berada di jalan kayun Surabaya. Lokasinya tepat berada disebelah tempat kursus Global Art.

Kami memilih tempat duduk yang berada di lantai satu, dan disana tidak ada sama sekali pemandangan aquarium dengan ikan belut menari-nari meliuk-liuk seperti kelebay-an yang ada dalam bayangan saya.

Selain itu sesuai dengan yang sudah dijelaskan oleh yayah Rafif di awal saya tak perlu kuatir dengan adanya potongan kepala belut yang bisa membuat kita geli.

Tambahan lainnya ternyata saya bisa memilih kematangan masakan belutnya. Sebenarnya sejak kecil saya terbiasa makan belut tapi dengan catatan harus dimasak kering agar saya tak perlu membayangkan bentuknya yang bisa bikin bulu kuduk saya merinding.

Menu Pilihan Masakan Belut
Jadi sesuai yang tertera di menu, saya memilih belut dimasak kering. Berbeda dengan yayah Rafif yang lebih memilih dimasak biasa.

Begitu juga dengan sambalnya, kita bisa request sesuai dengan selera kita.

Untuk kakak adik yang tidak mungkin makan sambal, maka kami memesankan belut saus inggris yang tidak pedas sama sekali.

Depan : Belut Kering, Tengah : Belut Saus Inggris, Belakang : Belut Biasa
Disana ternyata tidak hanya tersedia belut saja. Sehingga bagi pengunjung yang mungkin tidak berani mencoba menu belut bisa memilih menu lainnya seperti menu burung dara.

Bagaimana dengan rasanya? Sebenarnya dari segi rasa masakannya enak dan gurih, sayangnya masakannya masih masuk kategori terlalu asin di lidah saya. Berbeda dengan yayah Rafif yang memang pecinta kuliner asin, menurutnya menu belut disini sudah pas di lidahnya.

Belut Masak Biasa
Belut Masak Kering
Belut Saus Inggris
Jadi buat yang lagi di Surabaya dan ingin kuliner sedikit ekstrim yuk cobain menu masakan belut yang satu ini :D

8 komentar:

  1. Huaaah mba beranian makan belut hahahah, aku mah yg di restoran sushi pun ngga berani, apalagi yg ini.. geliii liatnya hahahhaa.. Kurang bisa nyoba kuliner ekstrim aku mah XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku berani asal digoreng kering mbak...😂😂😂

      Hapus
  2. Aku suka dibikin belut goreng telur asin. enak! Tapi sego belut juga boleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jadi pengen nyoba belut goreng telur asin. Disini belum pernah nemu kayaknya pake telur asin itu

      Hapus
  3. Terakhir makan belut itu waktu SMP waktu nenek masih sehat dan seneng masak.. Aku jadi kangen makan belut.. Huhuhu.. Kalo ke Surabaya wajib cobain kuliner belutnya nih! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak nggak semua orang berani mengolah ikan belut ya...

      Hapus
  4. Aku dah makan di Jl, Layur Rawamangun jakarta dan enak bangettttttttt. Bener2 sambel welot suroboyo hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kapan2 kalo ke jakarta berarti musti dicoba nih benaran se enak sambel belut yang ada di surabaya nggak...huahahaha

      Hapus