Minggu, 25 Desember 2016

Wisata Kuliner Ikan Manyung di Tuban

Rafif-Beberapa waktu lalu setelah dari goa maharani, sebenarnya keluarga Rafif berniat untuk mencari pantai kutang yang baru-baru ini terdengar sangat popular. Sesuai info yang kami dapat seharusnya pantai kutang ini terdapat di perbatasan wilayah kecamatan Brondong kabupaten Lamongan dengan Tuban. Sayangnya karena cuaca yang tidak bersahabat hujan deras membuat kami malah memutuskan melanjutkan perjalanan wisata kuliner ikan Manyung di Tuban.

Menu Ikan Manyung

Saya sendiri sebenarnya masih sangat asing dengan nama ikan Manyung ini. Namun karena Om-nya duo Rafif mengatakan jika pengunjung (penggemar) ikan Manyung ini banyak, bahkan ada yang menggunakan mobil Alphard membuat kami sangat penasaran seperti apa rupa dari makanan ini.

Ternyata ikan manyung ini memiliki nama lain Arius thalassinus. Ikan manyung ini biasanya sering diolah menjadi ikan asin jambal roti. Ikan manyung ini dikenal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga dianggap bermanfaat bagi kesehatan.

Berlokasi di parkiran pasar Goa Akbar, benar saja saat kami datang meski hujan turun tidak meredakan antusias pengunjung. Bahkan sudah ada beberapa pengunjung yang sudah lebih dulu menikmati sajian ikan manyung.

Kalo ditanya seperti apa rasanya? Ikan manyung ini dikemas dengan bumbu pedas gurih. Hampir serupa dengan bumbu gule. Teksturnya sendiri kenyal-kenyal (menurut Yayah Rafif) hampir menyerupai tekstur ikan "Pe".

Porsi Yayah Rafif
Disana tidak hanya sajian ikan manyung saja yang ditawarkan, namun ada banyak pilihan lainnya seperti kepiting rajungan yang juga dibumbu serupa dengan kare yang pedas.

Menu Rajungan
Bagi pengunjung yang tidak tertarik dengan lauk ikan manyung yang pedas atau rajungan yang pedas bisa mencoba menu lainnya seperti daging sapi, babat, maupun paruh sapi. Bagi yang ingin merasakan rajungan tetapi tidak suka masakan pedas juga bisa memesan untuk tidak disiram menggunakan bumbunya. Selain itu ada juga ikan trupa yang digoreng, sayangnya untuk ikan trupa ini kami belum sempat mencicipi.

Potongan Ikan Trupa
Tambahan lainnya disini juga menyediakan ketan yang konon katanya om nya duo Rafif rasanya sangat memikat. Lagi-lagi karena saking takjubnya dengan potongan ikan trupa yang sangat besar membuat saya lupa untuk mencicipi ketan yang ada disana. Saya hanya sempat mencicipi pisang goreng yang ditawarkan disana.

Puas mencicipi ikan Manyung kami pun segera memutuskan kembali ke rumah.

Oh ya tempat penjual ini bukan berupa depot atau restauran ya, melainkan dikemas dalam bentuk warung. Meski demikian banyak pengunjung yang antusias datang. Sehingga demi memberi kesempatan kepada pengunjung berikutnya biasanya setelah puas menikmati makanan, pengunjung sebelumnya segera meninggalkan tempat.

Sudah ada Pengunjung Saat Kami Tiba
Jam buka warung ini menurut beberapa versi baru buka pukul 7 malam. Namun saat kami tiba disana sekitar pukul 6 sore ternyata warung sudah buka dan bangku sudah dipenuhi oleh beberapa pengunjung.

Oh ya berapa budget yang harus kami siapkan untuk bisa menikmati kuliner disini. Untuk menu 1 porsi ikan manyung, 5 rajungan, 3 teh hangat, 1 kopi hangat, 1 coca cola dingin, 4 pisang goreng, yayah Rafif mengeluarkan budget sekitar Rp. 260.000,-. Budget yang cukup terjangkau dengan porsi menu beraneka ragam.

8 komentar:

  1. Aku pernah makan becek menthog yang jadi khas makanan tuban. Tapi sayang banget nggak diperkenalkan ikan manyung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh aku baru tau malah ada becek menthog. Kayaknya kapan2 aku harus berburu becek menthog deh

      Hapus
  2. Wuuiih... masakan ikannya bikin meleleh deh. Kayaknya gulai ikan manyung enak tenan. Pengen aja nih. Ini jadi rekomendasi kalau ke Tuban.

    salam

    BalasHapus
  3. Sukaa banget nih makan seafood seperti ini, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku seafood sebenernya dulu ga seberapa doyan sih, baru2 ini doyan karna ikut kebiasaan suami...hehehe

      Hapus
  4. Aku naksir rajungan. Harganya murah lho dengan porsi segambreng gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak coba bayangin kalo di resto udah habis berapa coba...hehehe

      Hapus