Sabtu, 28 Januari 2017

Mencari Jejak Nol Kilometer Solo

Rafif-Ceritanya beberapa waktu lalu keluarga Rafif menuju kota Solo tanpa persiapan jauh-jauh hari. Sehingga tak terlintas sedikitpun tempat mana saja yang akan kami datangi. Waktu itu tujuan kami hanya menyambung silaturrahmi dengan salah satu saudara yang ada di Solo. Tanpa pikir panjang sesampainya di Solo yang terlintas pertama kali dibenak saya saat itu yaitu mencari jejak tugu nol kilometer kota Solo.
Tugu Tiang Lampu Gladag

Ada beberapa lokasi yang awalnya oleh saudara saya dikira tugu nol kilometer kota Solo karena sering digunakan berfoto oleh beberapa remaja yang hobi photography.

Beberapa lokasi yang awalnya kami kira titik nol kilometer adalah, plang penunjuk jalan yang berada di depan Bank BI, Sebuah tugu yang terletak ditengah jalan depan kantor Balai Kota Solo, dan Tugu Jam Pasar Gede.

Setelah meraba-raba dan bertanya kepada beberapa petugas yang berada di kantor balai kota Solo, dipastikan bahwa Tugu Tiang Lampu Gladag atau sering disebut Tugu Pemandengan yang terletak di tengah jalan seberang Kantor Bali Kota Solo merupakan tugu nol kilometer Kota Solo.

Sekilas memang tampak tak ada yang istimewa dari tugu tersebut.

Bahkan mungkin banyak orang mengira kami layaknya turis lokal yang nyasar berfoto tanpa tujuan di tengah jalan.

Namun, ternyata dari info yang saya dapat, tugu pemandengan tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, tak hanya berperan sebagai titik nol kilometer saja.

Dimana, pada jaman dulu tugu pemandengan tersebut menjadi titik fokus pandangan raja saat akan mengambil keputusan.


Meski dinamakan tugu nol kilometer namun saya tak menemukan adanya penanda tulisan 0 (nol) kilometer di tugu tersebut seperti saat kami menemukan jejak tugu nol kilometer Surabaya.

Bahagia rasanya bisa menemukan dan berfoto didepan tugu nol kilometer yang merupakan tuga pemandengan yang memiliki nilai history sangat tinggi tersebut.

3 komentar:

  1. Saya malah belum pernah dengar kalau Solo punya nol kilometer. Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap kota harusnya punya mbak titik nol kilometer, setau saya sebagai acuan mengukur jarak tiap kota. Namun, memang tak semua kota memiliki tugu nol kilometer

      Hapus
  2. Ternyata tidak hanya di sabang ya tugu 0 kilometer... ternyata di solo juga ada... jadi pnasaran mau kesana...

    BalasHapus