Senin, 09 Januari 2017

Menginap di Hotel The 101 Yogyakarta Tugu

Rafif-Beberapa waktu lalu keluarga Rafif berkesempatan merasakan fasilitas menginap di hotel 101 dekat Tugu Jogjakarta atau biasa disebut Hotel One O One yang konon katanya sudah masuk kategori hotel bintang 4. Meski demikian, kami sempat dibuat terkejut saat kembali kekamar siang harinya.


Kebetulan saat itu saya dan anak-anak datang menyusul suami yang sudah lebih dulu tiba dan menginap semalam di sana.


Saat datang ternyata pintu kamar 6011 yang sudah ditempati lebih dulu sehari sebelumnya oleh suami tidak tertutup rapat. Posisi pintu kamar terganjal oleh kunci pintu yang muncul. Begitu juga pintu balkon yang tidak terkunci. Kondisi kamar saat itu sudah rapi kembali. Beruntung suami tidak meninggalkan barang penting dikamar, dan mengunci koper sesaat sebelum meninggalkan koper di pagi hari.

Kami-pun sempat mengajukan complain melalui telepon ke pihak resepsionis untuk selanjutnya agar pihak house keeping lebih berhati-hati dan memperhatikan kenyamanan kepercayaan customer kepada pihak hotel saat tidak berada di tempat.

Tak lama berselang, petugas hotel mengetuk pintu kamar. Petugas tersebut menanyakan tentang keluhan kami, sembari menyampaikan permintaan maaf dan bertanya kepada saya "Apa ada barang yang hilang?".

Alhamdulillah tidak ada Barang nggak hilang mas, tapi (kalau boleh jujur) hati saya "mencelos" berasa mau hilang.

So far, memang kami bersyukur tidak ada yang hilang.

Kebetulan dikarenakan sistem keamanan lift dimana tidak semua orang luar bisa naik ke lantai 6 tanpa memiliki akses ke lantai tersebut, kecuali mungkin jika ada yang iseng naik dari tangga darurat ya. Sehingga kami juga tidak perlu yang sampai marah "mendelik-mendelik" apalagi mengkerik didepan lobi ya. 😁

Untuk sistem keamanan lift hotel ini meskipun bagi sebagian pengunjung sedikit ribet, namun menurut saya patut diacungi jempol.

Seperti pengalaman saya saat akan naik ke lantai 6, ada seorang pengunjung lain yang juga akan menuju ke lantai 3. Disana si pengunjung lupa menaruh kartu kamarnya, dan sempat meminta tolong menggunakan kartu saya untuk memencet tombol lantai 3 tetap tidak bisa.

Kartu Kunci Kamar Sekaligus Untuk Akses Lift
Selain itu saya perhatikan juga terdapat CCTV di area koridor kamar hotel. Suasana koridor hotel pun nyaman dan terasa sejuk dengan adanya tanaman yang menjuntai seakan-akan menjadi tirai dari sengatan sinar matahari luar.


Dari segi kenyamanan kamar hotel, tidak ada masalah bagi saya yang memiliki phobia kancing dan sering was-was akan berrtemu dengan sarung bantal atau tirai kamar "berkancing". View balkon menghadap ke kolam renang juga menjadi nila plus bagi kami.

Kolam Renang Tampak dari Atas Balkon Kamar
Untuk fasilitas kamar mandinya dilengkapi dengan shower dan pancuran, sehingga memudahkan bagi kami yang ingin mengambil wudhu untuk shalat.


Dari segi kebersihan kamar juga sudah oke.


Oh iya, dihari pertama saya menempati hotel tersebut lampu di kamar sempat mati 2 kali namun belum sempat saya menelpon ke pihak resepsionis lampu menyala dengan sendirinya. Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor cuaca jogja yang sedang hujan angin saat itu.

Selain itu pada malam harinya tayangan televisi sempat menghilang sesaat, dan saat saya mencoba menghubungi pihak resepsionis sambungan telepon juga mengalami gangguan. Namun, hal tersebut tidak berlangsung terlalu lama. Hanya sekitar 5 menit tayangan kembali muncul normal lagi.

Saluran Televisi Tiba-Tiba Menghilang Sesaat
Meski demikian kekurang nyamanan yang kami rasakan tersebut terbayar dengan fasilitas kolam renang yang memadai. Selain terdapat kolam renang anak, di area kolam renang juga terdapat persewaan ban berenang. Disana juga disediakan baju renang yang bisa dibeli oleh pengunjung yang mungkin tidak membawa persiapan baju renang untuk berenang sebelumnya.

Kolam Renang 101
Ban renang berbentuk mobil-mobil an yang sempat kami sewa untuk kakak dibandrol seharga Rp. 30.000,-.

Untuk harga baju renang yang dijual disana pun bervariasi. Tidak hanya baju renang dewasa, terdapat juga baju renang balita yang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 100.000,- s/d Rp. 250.000,-.

Sedangkan baju renang dewasa laki-laki, dibandrol dengan harga sekitar Rp. 75.000,- s/d Rp. 300.000,-.

Saya-pun sempat menanyakan, apakah selain tamu hotel juga bisa menikmati fasilitas kolam renang 101. Menurut petugas yang berjaga, selama kolam renang tidak full maka pengunjung luar diperbolehkan menikmati kolam renang dengan biaya sebesar Rp. 75.000,- per orang (include persewaan handuk kolam dan nasi goreng).

Sisi Kolam Renang Anak
Kelebihan lainnya selain fasilitas kolam renang, Hotel 101 ini terletak dekat dengan Tugu Jogja yang identik dengan icon kota jogjakarta. Hanya perlu berjalan tak sampai 5 menit untuk bisa mencapai Tugu Jogja ini. Untuk mencapai pusat perbelanjaan Malioboro pengunjung juga tidak perlu pusing memikirkan transportasi, karena becak bisa menjadi salah satu pilihan sarana transportasi.

Budget untuk bisa mencapai pusat perbelanjaan Malioboro, penumpang dikenakan tarif Rp. 20.000,-. Sedangkan untuk mencapai indomaret terdekat penumpang dikenakan tarif sekitar Rp. 10.000,- s/d Rp. 15.000,-.

Sebenarnya jika ingin berjalan pun jarak yang harus ditempuh dari hotel 101 menuju Malioboro dan indomaret tidak terlalu jauh. Namun, didepan hotel tersedia beberapa becak dengan warna yang eyecatching dengan hotel 101, sehingga cukup menarik untuk digunakan sebagai ajang berfoto diatas becak.
Keseruan Yayah Rafif Menaiki Becak Bersama si Kakak
Begitu kira-kira sharing pengalaman keluarga Rafif selama menginap di "Hotel The 101 Yogyakarta Tugu". Semoga bermanfaat ya teman-teman 😘

6 komentar:

  1. Maap salfok mba, tapi aku penasaran kok bisa phobia kancing? :D Kemarin sempat mau nginep disini tapi akhirnya ngga jadi hihihi tp lengkap jg ya fasilitas kolam renangnya sampe disewain segala macem & bisa beli baju renang juga gitu

    BalasHapus
  2. Horor juga ya mba, lampu mati, hehehe pastinya hati mencelos kalau liat pintu kamar hotel terbuka begitu

    BalasHapus
  3. Hai mba. Untuk harga apakah terjangkau? Asyik nih kolam renbangnya gede. Rafi pasti senang ya :)

    BalasHapus
  4. Wah ternyata the 101 nggak seapik yang kukira ya mba, makasih foto2 on the spotnya ya. Beruntung gak ada yg hilang ya, semoga next ke jogja bisa kopdar ya kita.

    BalasHapus
  5. aku pernah lewat depan hotel ini tapi belom pernah nginep disini XD

    BalasHapus
  6. Di Bogor kynya jg ada 101 ini ya mba.. cakep viewnya.. alhamdulillah nggak ada yg hilang mbaa

    BalasHapus